Melangkah Pasti dengan Do’a,Usaha…Menyongsong Masa Depan

2 05 2009

“Renungan di Hari Pendidikan Nasional”

Ki Hajar Dewantara

Hari ini tepat tgl 2 Mei. Hari dimana diperingati sebagai hari “Pendidikan Nasional” kawan apa yang terlintas dalam pikiran kita mengenai hari ini?

Seperti saat ini dipenghujung tahun pelajaran selalu dikaitkan dengan ketidakberhasilan guru dalam mengajar, hal itu disebabkan dengan rendahnya hasil UN yang memang memprihatinkan. Rendahnya skor di atas akan senantiasa dikaitkan dengan rendahnya mutu guru dan rendahnya kualitas pendidikan guru. Oleh karena itu,untuk meningkatkan kualitas pendidikan sasaran sentral yang dibenahi adalah kualitas guru dan kualitas pendidikan guru,Tak ragu lagi memang harus dicari cara untuk memecahkan masalah tersebut.

Berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas guru dan pendidikan guru telah dilaksanakan dengan berbagai bentuk pembaharuan pendidikan, misalnya diintroduksirnya proyek perintis sekolah pembangunan, pengajaran dengan berbagai system, pendekatan pengajaran yang bervariasi , penetapan standar pendidikan guru, diadakan diklat, penataran, seminar, bahkan sampai sertifikasi. Tetapi mengapa sampai detik ini usaha-usaha tersebut belum juga menunjukkan hasilnya?……………………PR

Mengenang “Hari Pendidikan Nasional” tak lepas dari nama seorang tokoh yang berjasa terhadap pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara. Siapa yang tak kenal sosok tokoh pendidikan Bapak Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar yang bernama asli Raden Mas Suwardi Suryaningrat merupakan tokoh pendidikan nasional. jurnalis, mengelola De Expres, pengurus Boedi Oetomo dan Sarikat Islam. Pendiri Taman Siswa,Pendiri Indische Partij bersama Cipto Mangun Kusumo dan EFE Douwes Dekker yang kemudian dijuluki ”Tiga Serangkai”, sebuah organisasi politik pertama di Indonesia yang dengan tegas menuntut Indonesia merdeka.
Pada zaman Jepang, Ki Hadjar bersama Soekarno, Hatta, dan Mas Mansur memimpin organisasi Putera, mereka dijuluki “Empat Serangkai”,.
Ketika merdeka, Ki Hadjar menjadi Menteri Pengajaran Pertama.

Ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantoro adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang pada intinya bahwa seorang pemimpin harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi panutan bagi bawahan atau anak buahnya.

Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu didepan / dimuka, Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya, Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi bawahan atau anak buahnya. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh seorang pemimpin adalah kata “suri tauladan”. Sebagai seorang pemimpin atau komandan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam segala langkah dan tindakannya agar dapat menjadi panutan bagi anak buah atau bawahannya.

Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seorang peminpin ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat kerja anggota bawahanya. Karena itu seorang pemimpin juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungan tugasnya dengan menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif untuk keamanan dan kenyamanan kerja.

Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berarti memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seorang komandan atau pimpinan harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh bawahan, karena paling tidak hal ini dapat menumbuhkan motivasi dan semangat kerja.

Yang perlu diingat bahwa kita pemimpin bagi diri kita sendiri.

Bisatah kita meneruskan perjuangan beliau dalam mendidik anak bangsa? …PR

“Ketahuilah,apapun yang menjadikanmu tergetar,itulah Yang Terbaik untukmu! Dan karena itulah, Qalbu seorang pecinta-Nya lebih besar daripada Singgasana-Nya.”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: