MGMP

MGMP MATEMATIKA SMPN 9 CIMAHI

MGMP SMPN 9 Cimahi

Drs Nurudin,MM Elly Karlia Ade Sumilah,S.Pd,M.Pd Lies K,S.Pd Dra Tuty Dra Sri Astuti Hj Dwi Purniati,S.Pd

Dwi Ratna Siwi,S.Pd Cucu Suminar,S.Pd

MGMP MATEMATIKA SMPN 9 CIMAHI

1.1 Dasar Pemikiran

Profesi Guru : pekerjaan yang pelaksanaannya

  1. memerlukan keahlian tertentu; maka pelaksanaanya perlu mendapat pendidikan dan pelatihan khusus yang biasanya makan waktu cukup lama;
  2. terikat oleh standar-standar etis tertentu (yang lazim disebut Kode Etik)
  3. dijaga mutunya oleh suatu Organisasi Profesi.

Profesional:

  1. dengan/secara berkeahlian (tidak amatiran).
  2. orang yang mampu mengerjakan sesuatu (tertentu) secara berkeahlian; untuk keahliannya itu ia menerima bayaran.

Sebagai seorang profesional, guru harus memiliki kompetensi keguruan yang memadai. Seorang guru dinyatakan kompeten bila: mampu menerapkan sejumlah konsep, asas kerja, dan teknik dalam situasi kerjanya; mampu mendemonstrasikan ketrampilannya yang dapat menghandle lingkungan kerjanya dan dapat menata seluruh pengalamannya untuk meningkatkan efisiensi kerjanya. Tuntutan kompetensi seorang guru dapat diruntut dalam penguasaan segi konseptual, penguasaan berbagai ketrampilan, dan dalam keseluruhan sikap profesionalnya. Secara singkat dapatlah dikemukakan bahwa seorang guru dinyatakan kompeten jika secara nyata ia mampu menjalankan tugas keguruannya secara berkeahlian sesuai dengan tuntutan jabatan keguruannya yaitu mampu membelajarkan siswa yang dibimbingnya secara efisien efektif dan terpadu. Kompetensi keguruan tidak sekedar menunjuk kuantitas kerja, tetapi lebih-lebih menunjuk/menuntut kualitas kerja keguruan.

Guru adalah salah satu aspek penting dalam bidang pendidikan, komitmen guru untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan unjuk kerjanya merupakan hal pokok dalam pencapaian kualitas kerja secara professional. Kajian-kajian empiris melalui penggalian permasalahan yang ditemui guru dalam mengajar, serta mengupayakan perbaikan atau “penyembuhannya” perlu diwujudkan dalam bentuk atau wadah yang nyata. Wadah tersebut adalah MGMP.

1.2 Tujuan MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi

Adapun maksud dan tujuan Pengaktifan MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi adalah :

Berdasarkan hasil analisis, bahwa jumlah guru cukup memadai, tetapi keragaman metode mengajar masih kurang bervariasi. Melalui  MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi diharapkan persoalan ini dapat diatasi, termasuk bagaimana mensiasati kurikulum yang padat dan mencari alternatif pembelajaran yang tepat, serta menemukan berbagai variasi metoda dalam mengajarkan setiap mata pelajaran yang diajarkan.

Kegiatan ini dibawah koordinasi PKS (wakasek) bidang Kurikulum dan untuk setiap mata pelajaran dipimpin oleh seorang guru berpotensi yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah. MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi diadakan seminggu sekali menyusun strategi pembelajaran dan diharapkan setiap guru membawa permasalahan-permasalahan yang ada untuk dijadikan studi kasus sehingga dapat dicari pemecahan persoalan tersebut. Disamping itu MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi dapat mengundang ahli dari luar, baik ahli substansi mata pelajaran untuk membantu guru memahami materi yang dianggap sulit atau membantu memecahkan masalah yang muncul di kelas, maupun berbagai metode pembelajaran untuk menemukan cara yang paling sesuai dengan karakteristik materi mata pelajaran  atau karakteristik siswa-siswi SMPN 9 Cimahi.

MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi juga menyusun dan mengevaluasi perkembangan kemajuan belajar sekolah. Evaluasi kemajuan dilakukan secara berkala dan hasilnya digunakan untuk menyempurnakan rencana berikutnya. Kegiatan MGMP Matematika SMPN 9 Cimahi yang dilakukan secara intensif, dapat dijadikan sebagai tempat pengembangan diri guru serta menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang diajarkan.

1.3 Prinsip Kerja MGMP SMPN 9 Cimahi

prinsip kerjanya adalah cerminan kegiatan dari oleh dan untuk Guru atau Pengawas yang bersifat mandiri, berdasarkan kekeluargaan

1.4 Daftar Anggota MGMP MATEMATIKA SMPN 9 Cimahi

Ketua                           :  Dra.Tuti.

Sekretaris                   :  H.Dwi Purniati,S.Pd.

Anggota                       :        1. Drs.Nurudin,M.M.

2. Elly Karlia Rahman.

3. Ade Sumilah,S.Pd.M.Pd.

4. Lilis Kurniasih,S.Pd.

5. Dwi Ratna Siwi,S.Pd.

6. Dra.Sri Astuti.

7. Cucu Suminar,S.Pd.

1.5 Kegiatan / Program MGMP MATEMATIKA SMPN 9 Cimahi

Kegiatan MGMP Matematika

1.6 Hasil yang Telah Dicapai

1. Pembuatan RPP, Silabus, Pemetaan Penilaian

2. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal

3. Penilaian

4. Diklat Computer Mata Pelajaran Matematika

5. Diklat Penerapan Bilingual dalam Mata Pelajaran Matematika

6. Diklat Toefl

7. Karya Ilmiah Remaja Matematika

8. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

2 responses

2 07 2009
Windi.Budiharti

uhhh ..
Kangen nya k gree nine
aq alumni gree nine
penent main Ksana
gmn Kbar smua gru2 di 9 ?
Dulu aq anak kelas 9B
angkatan…Umh angkatan Berapa ea ?
pokonya skr aq di klas 3 SMA,, Hoho ..

30 05 2014
liliskurniasih

Terima kasih atas kunjungannya … jika ingin berkomunikasi dengan teman-teman sesama alumni SMPN 9 Cimahi silahkan berkomentar di

http://informasismpn9cimahi.wordpress.com/alumni-smpn-9-cimahi/

….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: